Lapangan Panas Bumi Wayang Windu

Dalam sebuah tulisan terdahulu di blog pribadi saya yaitu “learning, sharing, meaningful“, saya telah menulis tentang “Geothermal, The Suitable Energy for Indonesia“. Dalam tulisan ini kita akan menengok salah satu lapangan panas bumi yang ada di Indonesia.

Hari Rabu kemarin (13/06/2012), untuk kesekian kalinya saya bersama grup S2 Teknik Panas Bumi ITB melakukan kunjungan ke lapangan panas bumi Wayang Windu. Lapangan panas bumi Wayang Windu atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Wayang Windu berada di Kabupaten Pangalengan, Jawa Barat, yaitu sekitar 40 km ke arah selatan Kota Bandung. Terletak pada elevasi sekitar 1700 meter di atas permukaan laut pada area yang dikelilingi oleh sekitar 96 ha lahan perkebunan teh. Lapangan ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Kota Bandung dengan waktu tempuh normal sekitar 2-3 jam.

Area Perkebunan Teh Di Lapangan Panas Bumi Wayang Windu

Area Perkebunan Teh Di Lapangan Panas Bumi Wayang Windu

Lapangan panas bumi Wayang Windu merupakan satu (1) dari lima (5) lapangan panas bumi yang beroperasi di Pulau Jawa saat ini (2012). Empat lapangan lainnya adalah lapangan panas bumi Awibengkok – Gunung Salak, lapangan Darajat, lapangan Kamojang, dan lapangan Dieng. Lapangan panas bumi Wayang Windu merupakan WKP milik Pertamina dan saat ini dioperasikan oleh Perusahaan Star Energy Geothermal Wayang Windu.

Saat ini (2012), lapangan panas bumi Wayang Windu memiliki dua unit PLTP dengan kapasitas total 227 megawatt (MW) yang terhubung ke jaringan interkoneksi Jawa Bali. PLTP Unit 1 memiliki kapasitas 110 MW dan PLTP Unit 2 memiliki kapasitas 117 MW. Menurut pihak Wayang Windu, saat ini (13/06/12) Unit 1 disuplai oleh 13 sumur produksi dan Unit 2 disuplai oleh 6 sumur produksi dan total kedua unit ini dilayani oleh 5 sumur injeksi.

Pembangkit & Pipa Alir Uap Di Lapangan Panas Bumi Wayang Windu

Pembangkit & Pipa Alir Uap Di Lapangan Panas Bumi Wayang Windu

Pada foto di atas terlihat pembangkit beserta jaringan pipa alir uap dari lapangan panas bumi Wayang Windu. Kabut putih yang terlihat di sekitar pembangkit pada foto di atas bukanlah asap, melainkan uap air yang menguap dari menara pendingin (Cooling Tower). Untuk lebih jelasnya secara teknis, bisa dibaca tulisan saya mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Reservoir lapangan panas bumi Wayang Windu memiliki karakteristik yang khas. Bagian selatan dari lapangan ini merupakan jenis reservoir dominasi air (hot water dominated). Namun semakin ke utara, fraksi uap di dalam reservoir semakin meningkat dan cenderung menjadi steam dominated. Temperatur reservoir adalah sekitar 260-325 derajat Celcius yang ditemukan pada kedalaman 1300 meter hingga 2500 meter.

Di lapangan Wayang Windu ini ditemukan beberapa manifestasi yang menunjukkan adanya sistem panas bumi di bawah permukaan, seperti: mata air panas, fumarola, steaming ground atau tanah beruap. Manifestasi ini umumnya keluar melalui struktur geologi yang memiliki rekahan-rekahan terbuka. Karena berasal dari reservoir, karakteristik kimia dari manifestasi ini umumnya memiliki korelasi kuat dengan karakteristik reservoir. Namun demikian, karena adanya kemungkinan pencampuran (dilution) dengan air tanah dan kondisi sekitarnya, maka tak jarang pula manifestasi yang keluar tidak bisa lagi mewakili karakteristik reservoir dengan baik.

Manifestasi "Steaming Ground" Di Kawah Wayang

Manifestasi “Steaming Ground” Di Kawah Wayang


Penulis: Robi Irsamukhti
Website: irsamukhti.blogspot.com

Copyleft:
Silahkan mengutip, mengkopi bahkan menge-teh, dan menyebarkan materi ini selama menyebutkan penulis dan link sumber.

15 comments on “Lapangan Panas Bumi Wayang Windu

  1. abdul haris jauhari mengatakan:

    laporan singkat, bagus dan bermanfaat…
    saya ijin mengcopy untuk keperluan penulisan saya

    terimakasih, ditunggu tulisan2 berikutnya

  2. cak rynem mengatakan:

    Wah kalo gini namanya sumber energi yang sip banget buat masa depan

  3. berbol mengatakan:

    sip mas artikelnya, fotonya juga bagus,,

  4. sutiarso hadi s mengatakan:

    tempat favorit liburan saya di bandung menelusuri kelokan2 kebun teh sampai pintu gerbang lalu ngobrol dgn pak satpam sambil foto2. tapi ga tahu bgmana PLTP itu? yo wis tak baca2 dulu.. makazih ilmunya ya mas..

  5. sutiarso hadi s mengatakan:

    o..iyaaaa… foto2 yg dimuat itu mengingatkan koleksi ajepretan saya yg jarang di buka2

  6. […] ke salah satu lapangan geothermal di Jawa Barat. Direncanakan lapangan yang akan dikunjungi adalah Lapangan Panas Bumi Wayang Windu. Peserta akan berangkat pagi 8 Maret dari kampus ITB, Bandung, menuju Lapangan Panas Bumi Wayang […]

  7. yohanayo mengatakan:

    Bagus artikelnya sangat membantu dalam tugas saya, makasih :)

    • rangsimpati mengatakan:

      Terima kasih, Mba. Sebenarnya tulisan saya yang lebih spesifik tentang geothermal lebih banyak saya publish di irsamukhti.blogspot.com. Sedangkan yang di blog ini kategorinya lebih umum.

  8. anton mengatakan:

    wah kapan ya saya bisa ke star energy wayang windu lagi ? suasana nya nyaman

    Regards,
    Anton TGS

  9. edi untoro mengatakan:

    Bagaimana menentukan spasi antar sumur panas buminya, agar tidak terjadi saling interferensi mas ?

    • rangsimpati mengatakan:

      Pak Edi, untuk menentukan spasi antar sumur panas bumi sebaiknya dengan menjalankan simulasi reservoir pada model sistem panas bumi yang telah dibangun berdasarkan integrasi data geosains dan reservoir engineering. Reservoir dan sistem panas bumi secara keseluruhan bukan medium homogen, tetapi fracture/fault control. Minimum jarak 500 meter antara wellbore yang satu dengan yang lain sering dijadikan acuan awal/kasar.

Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s