Sumbar Canangkan Jadi Provinsi Energi Hijau

Padang, (ANTARA) – Provinsi Sumatera Barat mencanangkan diri sebagai provinsi lumbung energi hijau dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan yang ada di daerah ini untuk dikelola dengan optimal. Untuk mewujudkannya pemprov akan mengoptimalkan sumber energi terbarukan yang ada di daerah ini berupa panas bumi, air, tenaga surya dan tenaga angin, demikian kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Padang, Senin (8 Oktober 2012).

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan hal itu pada acara Seminar Geothermal yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung didukung oleh Star Energy, USAID dan University of Southern California. Menurut Irwan, salah satu andalan energi hijau adalah panas bumi karena terdapat di 16 titik yang tersebar di daerah ini dengan total potensi energi yang dihasilkan mencapai 1.600 megawatt. Saat ini terdapat satu titik yang telah mulai diekplorasi oleh PT Supreme Energy di daerah Muaralabuh, Kabupaten Solok Selatan, yang ditargetkan dapat menghasilkan energi listrik sebesar 220 megawatt yang diperkirakan mulai berproduksi pada tahun 2015. Kemudian dua titik lainnya di daerah Bonjol, Kabupaten Pasaman, saat ini tengah memasuki proses tender dan lima titik lainnya sedang diajukan izin untuk tender ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Sedangkan untuk delapan titik lainnya saat ini tengah dalam proses melengkapi data-data yang ada. Ia mengatakan, energi panas bumi sangat potensial dan selama ini belum dikelola secara optimal serta lebih ramah lingkungan dan menguntungkan.

Untuk energi air saat ini di beberapa daerah telah mulai dilakukan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Sementara untuk energi tenaga surya dan energi angin direncanakan akan dikembangkan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Irwan Prayitno mengakui pemanfaatan energi terbarukan tersebut menelan dana yang cukup besar untuk investasi. Namun hal itu dapat diatasi karena begitu banyak investor yang tertarik menanamkan modal di bidang ini. Sementara, untuk pembangunan yang skalanya kecil seperti Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro akan dapat ditangani oleh investor lokal. (antarasumbar.com)


Disadur sepenuhnya dari: www.sumbarprov.go.id.

Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s