Sumatera Barat Kembangkan Energi Baru Terbarukan

Sumatera Barat memiliki potensi energi baru dan terbarukan yang cukup besar. Diantara potensi energi tersebut adalah potensi energi geothermal atau panas bumi yang diperkirakan mencapai 1656 Megawatt (MW). Potensi ini hingga sekarang belum dimanfaatkan dan tersebar di beberapa lokasi seperti di Simisoh, Cubadak, Panti, Lubuk Sikaping dan Bonjol. Daerah-daerah tersebut terletak di Kabupaten Pasaman. Sementara di Kabupaten Pasaman Barat terdapat potensi geothermal di daerah Talu.

Selain di Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat, potensi geothermal juga terdapat di Kabupaten Agam diantaranya di Koto Baru Marapi dan Maninjau. Di Kabupaten Solok juga terdapat pontensi geothermal di Sumani, Bukit Kili, Surian dan Gunung Talang serta dua potensi yang terdapat di Kabupaten Solok Selatan yaitu Muaralabuh serta Liki Pinangawan. Muaralabuh-Liki Pinangawan saat ini telah memasuki tahap eksplorasi dengan pengembangnya adalah Supreme Energy.

Pemerintah daerah Sumatera Barat membuat roadmap energi dengan mencanangkan Sumatera Barat sebagai lumbung energi hijau sebagai upaya mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan batubara untuk pembangkit tenaga listrik. Selain geothermal, di Sumatera Barat juga terdapat potensi energi air yang dapat dikembangkan untuk PLTA sebesar 1100 MW, potensi energi angin yang memiliki kecepatan 3 hingga 6 meter/detik, dan potensi energi surya 4,80 kWh/m²/hari.


Disadur dari: ebtke.esdm.go.id.

One comment on “Sumatera Barat Kembangkan Energi Baru Terbarukan

  1. Adi Nepson mengatakan:

    Good! kalau butuh bantuan untuk memetakan lokasi pembukaan lahan geothermal bisa jadi lahan untuk pengabdian masyarakat juga bagi saya..

Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s